8 Daftar Tempat Wisata di Jogja yang terbaik dan Terpopuler

T0ur Dunia. Yogyakarta (sering juga disebut Jogja atau Yogya), yang terletak di tengah-tengah Pulau Jawa, Indonesia adalah kota yang amat menakjubkan. Tempat wisata di Jogja memiliki kombinasi yang unik dari kuil-kuil kuno, sejarah, tradisi, budaya, dan fenomena alam yang membuat Yogyakarta sangat layak untuk dikunjungi.

Jumlah dari tempat wisata di Yogyakarta yang cukup beragam membuatnya sangat menarik wisatawan, baik wisatawan asing maupun wisatawan domestik. Keanekaragaman upacara keagamaan, dan budaya dari berbagai agama dan didukung oleh kreativitas seni dan keramahtamahan penduduknya, menjadikanYogyakarta sebagai tempat liburan pengalaman yang tak terlupakan. Jarak antara lokasi atraksi yang mudah dicapai sangat menguntungkan bagi para wisatawan yang ingin berlibur, dan semuanya terbilang murah di Yogyakarta. Berikut adalah 8 Terbaik tempat-tempat wisata di Yogyakarta yang harus Anda kunjungi:

1. Candi Borobudur

stupa-candi-borobudur
Candi Borobudur
Tempat Wisata di Jogja yang paling teratas ialah Candi Borobudur yang merupakan candi Budha terbesar di dunia. Ribuan wisatawan asing dari berbagai belahan Dunia yang bersedia untuk melakukan perjalanan ribuan kilometer hanya untuk melihat karya seni yang menjadi salah satu dari tujuh keajaiban dunia . Candi Borobudur yang memukau siapa saja yang melihatnya. Candi Budha ini megah terdiri dari susunan enam persegi teras di mana tiga halaman melingkar. Tembok yang dihiasi dengan 2.672 panel relief dan 502 patung Buddha. Stupa utama dan terbesar yang terletak di tengah dan dikelilingi oleh 72 stupa berlubang di mana terdapat patung Buddha . Dikatakan bahwa pengunjung yang bisa memegang patung-patung di dalam stupa tersebut, akan mendapatkan keberuntungan. Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan ke-9. Jadi, bangunan bersejarah ini telah ada 300 tahun sebelum Angkor Wat di Kamboja dan 400 tahun sebelum katedral di Eropa di bangun. Borobudur adalah Situs Warisan Dunia UNESCO.

2. Malioboro

malioboro-di-jogja
Jalan Malioboro di Yogyakarta
Malioboro adalah sebuah jalan yang sangat terkenal di Yogyakarta. Malioboro adalah pusat berkumpulnya seniman dari berbagai perguruan tinggi, pria dan wanita muda, tempat berkumpul untuk berbagai aksesoris dan berbagai pernak pernik, tempat berkumpul bagi wisatawan, dan tempat berkumpul bagi penjual dan pembeli. Tempat wisata di Yoyakarta, Malioboro tidak pernah sepi pengunjung dari pagi hingga malam. Di Malioboro, Anda dapat membeli berbagai barang yang diinginkan mulai dari aksesoris yang indah, souvenir unik, batik klasik, emas dan permata untuk peralatan rumah tangga. Bagi penggemar souvenir, Malioboro bisa menjadi surga BERBURU yang menyenangkan. Berjalan di bahu jalan sambil melakukan tawar-menawar berbagai barang yang dijual oleh pedagang kaki lima, akan menjadi pengalaman khusus buat Anda. Berbagai souvenir buatan lokal seperti batik, hiasan rotan, perak, kerajinan bambu, wayang kulit, blangkon, miniatur kendaraan tradisional, aksesoris, hingga gantungan kunci, semua dapat ditemukan dengan mudah di Malioboro. Jika Anda pintar melakukan tawar-menawar dengan pedagang, maka barang-barang tersebut bisa dibawa pulang dengan harga yang cukup murah. Atau bagi pecinta kuliner, Malioboro juga merupakan tempat yang tepat untuk mencicipi masakan lokal dari Yogyakarta.

3. Candi Prambanan

candi-prambanan
Candi Prambanan di Jogja
Candi Prambanan adalah candi Hindu terindah di dunia. Candi Prambanan merupakan salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO. Candi Prambanan adalah bangunan luar biasa cantik yang dibangun pada abad kesepuluh selama pemerintahan dua raja yakni Rakai Pikatan dan Rakai Balitung. Tempat wisata di Jogja ini memiliki ketinggian hingga 47 meter (5 meter lebih tinggi dari Candi Borobudur), berdirinya candi ini telah memenuhi keinginan pembuatnya, menunjukkan kejayaan Hindu di Pulau Jawa. Candi ini terletak 17 kilometer dari pusat kota, di tengah area yang kini dibangun taman indah. Candi Prambanan memiliki tiga candi utama di halaman utama, yaitu Candi Wisnu, Brahma, dan Siwa. Ketiga candi adalah simbol dari Trimurti dalam kepercayaan Hindu. Keindahan Candi Prambanan di sore hari akan menawarkan pemandangan matahari terbenam di kuil utama. Luar Biasa! Anda akan merasakan ketenangan Prambanan, ketika melihat matahari terbenam di sini. Dan keheningan suci yang keluar akan membuat Anda terpesona dan kagum. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut.

4. Pantai Parang tritis

pantai-parang-tritis
Pantai Parang Tritis di Jogja
Parangtritis adalah pantai yang indah, ombak bergulir dan angin kencang yang menerpa tubuh. Pantai Parangtritis sangat erat kaitannya dengan legenda Ratu Pantai Selatan (Ratu Kidul). Banyak orang Jawa percaya bahwa Pantai Parangtritis adalah gerbang Ratu Kidul yang sangat magis untuk kerajaannya yang mengontrol laut selatan. Pantai yang paling populer serta tempat wisata di Yogyakarta ini menyediakan rangkaian lengkap fasilitas seperti penginapan, masjid, toilet umum, tempat makan, tim monitoring pantai. Wisatawan juga bisa mencoba olahraga yang memacu adrenalin seperti panjat tebing dan paralayang di pantai ini.

5. Kaliurang

tempat-wisata-di-kaliurang-jogja
Taman Wisata Kaliurang di Jogja
Berjarak 28 kilometer dari pusat kota Jogja, Kaliurang kini menjadi sebuah kawasan Tempat wisata di Jogja dalam kategori wisata alam dan budaya yang memikat, serta menjadi tempat yang menyenangkan untuk rekreasi keluarga. Pandangan Gunung Merapi memberi sensasi khusus di daerah ini. Gunung ini juga akan tertutup kabut ketika kita datang untuk melihatnya. Menyusur sisi barat Bukit Plawangan sejauh 1100 meter, menempuh perjalanan lintas negara, melalui jalan tanah yang diapit pepohonan dan lereng rimbun, deretan 22 gua peninggalan dari Jepang menjadi salah satu keunikan wisata alam Kaliurang. Selain keindahan alamnya, Kaliurang juga memiliki beberapa bangunan bersejarah.

6. Keraton Yogyakarta

keraton-yogyakarta
Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat
Keraton Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat atau sekarang lebih dikenal dengan nama Kraton Yogyakarta merupakan pusat budaya, dan museum hidup Jawa yang ada di Daerah Khusus Yogykarta. Tidak hanya menjadi tempat tinggal untuk raja dan keluarganya, istana ini juga merupakan arah utama perkembangan budaya Jawa, serta penjaga nyala budaya. Di tempat wisata di Yogyakarta ini, wisatawan dapat belajar dan melihat secara langsung bagaimana budaya Jawa terus hidup dan dilestarikan. Ada banyak hal yang dapat dilihat di Keraton Yogyakarta, mulai dari aktivitas abdi dalem yang sedang melakukan pekerjaan atau untuk melihat sifat koleksi istana. Koleksi yang disimpan dalam kotak kaca yang tersebar di berbagai ruangan mulai dari keramik dan barang pecah belah, senjata, foto, miniatur dan replika, berbagai macam batik dan deorama dari proses pembuatan.

7. Taman Sari

taman-sari-di-jogja
Taman Sari Di Jogja
Taman Sari adalah situs bekas taman kerajaan Kesultanan Yogyakarta. Tempat wisata di Jogja ini terletak sekitar 2 km selatan di dasar Kraton, Yogyakarta, Indonesia. Dibangun pada pertengahan abad ke-18, Taman Sari memiliki beberapa fungsi, seperti area istirahat, bengkel, area meditasi, daerah pertahanan, dan tempat persembunyian. Taman Sari terdiri dari empat bidang yang berbeda: sebuah danau buatan yang besar dengan pulau dan paviliun yang terletak di barat , sebuah kompleks mandi di tengah, kompleks paviliun dan kolam di selatan , dan sebuah danau kecil di timur. saat ini hanya kompleks pemandian sentral yang masih sangat terawat.

8. Kebun Binatang Gembira Loka

kebun-binatang-gembira-loka
Kebun Binatang Gembira Loka
Tempat wisata di Yogyakarta yang terakhir di artikel ini adalah Kebung Binatang Gembira Loka, yang merupakan Kebun binatang terbesar di Pulau Jawa, dengan berbagai flora dan fauna yang dapat Anda pelajari tentang kehidupan dan habitatnya. Kebun Binatang ini memiliki berbagai spesies dari seluruh dunia, seperti orangutan, gajah Asia, simpanse, harimau, dan lain-lain. Gembira Loka adalah daya tarik utama bagi wisatawan di Yogyakarta. Kebun Binatang Gembira Loka rusak parah akibat gempa bumi yang mengguncang kota Yogyakarta pada tahun 2004. Namun, setelah renovasi Gembira Loka tetap menjadi favorit di antara para pelancong yang mengunjungi kota Jogja. Buat Anda yg berkunjung dari luar kota Yogyakarta dan mencari Hotel terbaik dan Termurah, silahkan Klik Disini.!!

Akhirnya selesai juga nulis Artikel mengenai Tempat wisata di Jogja ini. Sebagian isi dari artikel ini adalah hasil kutipan dari Wikipedia yang saya edit dengan gaya penulisan saya sendiri. Jika ada kesalahan penulisan, silahkan koreksi di kolom komentar. Jangan lupa kunjungi artikel lainnya, yaitu Tempat wisata di Bandung. Terima Kasih sudah Berkunjung…;)


1 Response to "8 Daftar Tempat Wisata di Jogja yang terbaik dan Terpopuler"

  1. Wisata ngga cuman seneng-seneg aja, wisata juga perlu tips dan persiapan yg matang, cek disini nih banyak infonya visit here

    BalasHapus